BerandaBisnisTuai Pro dan Kontra, Trend Ikoy-Ikoyan Menarik Perhatian Warganet di Instagram.

Tuai Pro dan Kontra, Trend Ikoy-Ikoyan Menarik Perhatian Warganet di Instagram.

- Advertisement -spot_img

BENEWS.CO.ID, JAKARTA – Trend ikoy-ikoyan dikalangan selebgram dan influencer pada platform Instagram kian menarik perhatian bagi sejumlah warganet.

IMG 20210820 002636
Arif Muhammad

Ikoy-ikoyan merupakan kegiatan membagikan uang maupun barang lewat direct massage kepada pengikut nya di Instagram.

IMG 20210820 000826

Trend ini dipopulerkan oleh seorang selebgram bernama Arif Muhammad. Asal muasal kata dari ikoy merupakan nama dari karyawan Arif Muhammad sendiri yang Bernama Rizki Fadhillah.

Tren ini merujuk kepada kegiatan berbagi rezeki ke sesama. Tak ayal, banyak dari pebisnis yang turut menitipkan uang mereka untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

Screenshot 20210820 004050
Ilustrasi

Trend Ikoy-ikoyan ini menuai pro dan kontra dikalangan warganet. Warganet berpendapat, tren ini merupakan kegiatan marketing terselubung bagi para selebgram, dilihat dari syarat yang diberikan ketika mengikuti ikoy-ikoyan tersebut.

Menurut Pakar Marketing Hermawan Kertajaya, tren ikoy-ikoyan ini merupakan hal wajar dan bentuk dari PSR (Personal Social Responsibility) di masa pandemi.

Ia berpendapat kegiatan sosial yang dilakukan oleh perusahaan besar tentu memiliki maksud dan tujuan juga. Tren ini juga mengundang pakar sosial berkomentar mengenai aksi berbagi tersebut, salah satunya adalah Psikolog Lucia Peppy yang mengatakan tren ikoy-ikoyan dapat mendeskripsikan bahwa mentalitas bangsa sebagai pengemis.

Namun, banyak juga respon positif dari kegiatan donasi bertajuk ikoy-ikoyan ini. Salah satu warganet yang terbantu dari trend ikoy-ikoyan ini adalah guru honorer dengan nama Instagram elsarahmialfitri, ia menuliskan

BACA JUGA:  TV Kabel Berlangganan Gunakan Tiang PLN Tanpa Izin

“Saya guru honorer di sekolah negeri bg… saat ini lagi butuh sama hp baru, krn hp yg ini gk bisa nyala lama kalau gk d cas, layar tengah ny jg udh gk bisa d pencet, dan kamera belakang udah burem, kalau d pake foto tulisan bakalan ngeblur semua padhaal untuk ngajar daring butuh bgt hp, mau beli jg gak ada uangnya.. selama ini kalau mau fotoin soal2 untuk d kirim ke siswa sering minjem hp temen sesame guru atau gak suami, kalau lagi di rumah..”

Hal Ini sontak mendapat respon dari Arif Muhammad selaku selebgram yang melaksanakan tren ikoy-ikoyan ini, salah satu warganet tersebut mendapatkan 10 juta untuk membeli hp yang bagus untuk menopang kegiatan pembelajaran daringnya.

Uniknya, tren ikoy-ikoyan ini menarik sejumlah pelaku usaha khususnya online shop untuk mengikuti tren ini dengan memberikan barang untuk beberapa pelanggan mereka.

Tren tersebut sebenarnya telah sering dilakukan oleh beberapa pelaku usaha online shop, dengan nama give away. Sejak beberapa hari lalu, tren ikoy-ikoyan menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Sebenarnya apa itu tren ikoy-ikoyanMungkin Parents ada yang masih bingung, apa itu tren ikoy-ikoyan?

Berikut adalah beberapa fakta yang sudah dirangkum dari berbagai sumber untuk menjelaskannya.

Menjadi perbincangan hangat di media sosial sejak beberapa hari yang lalu, tren ikoy-ikoyan membuat banyak orang penasaran. Sebenarnya apa itu ikoy-ikoyan?Ikoy-ikoyan adalah nama ‘permainan’ yang dicetuskan oleh influencer Arief Muhammad.

BACA JUGA:  HORE....Baju Satpam Ala Polisi Di Kantor BNNK Tanjungpinang

Bukan sembarang permainan, ikoy-ikoyan ini mirip dengan giveaway dimana mereka yang ikut bisa mendapatkan uang atau barang.Arief mengatakan bahwa caranya sendiri cukup simpel.

“Kalian DM aja ke gue, lagi butuh apa nih sekarang? Jujur aja, ga usah disedih-sedihin, ga usah dilebay-lebayin, jujur aja.

Yang spam pasti tidak akan dipilih. Santai-santai aja kita, rejeki nggak kemana,” ungkapnya.

Lewat unggahan di Instagramnya @ariefmuhammad, Arief menjelaskan bahwa ikoy-ikoyan ini dimaksudkan sebagai ajang untuk berbagi darinya kepada para followersnya.

“Banyak sekali yang bertanya tentang apa itu ikoy-ikoyan.. Jawaban gue simple aja, semuanya tentang berbagi. Bagi-bagi rejeki, bagi-bagi kebahagiaan untuk banyak orang,” tutur suami Tiara Pangestika tersebut.

Rupanya, Ikoy adalah nama asisten Arief Muhammad. Nama Muhammad Rizqi Fadillah alias Ikoy menjadi tren terbaru lantaran setiap kali sang influencer hendak membagikan uang atau barang kepada pengikutnya, maka Arief akan memanggil Ikoy sang asisten.

Dalam sesi ikoy-ikoyan tersebut, Arief mengaku bahwa ada tak sepenuhnya biaya yang dikucurkan berasal dari kantongnya sendiri. Ia menyebut bahwa ada orang-orang baik yang mau ikut berbagi.

“Ada titipan beberapa ratus juta rupiah dari beberapa temen gue untuk dibagikan ke kalian, RATUSAN JUTA! Ya Allah.. senengnya orang-orang baek pada muncul,” ujar ayah satu orang anak itu.

BACA JUGA:  Komunitas Mitra Tapanuli Kota Batam Bersepakat Mengusung Albert Gultom Menjadi Calon Ketua Umum IKABSU Periode 2021-2026.

Meski banyak yang menilai tren ikoy-ikoyan ini positif karena merupakan ajang berbagi dari Arief Muhammad kepada pengikutnya, tak sedikit pula yang menganggap ikoy-ikoyan ini kontroversial.

Pasalnya, tren ini jadi merambat ke influencer lain yang merasa tidak nyaman ‘ditodong’ harus memberikan uang atau barang kepada pengikutnya.

Ketika sang influencer menolak untuk ikut ‘permainan’ ini, para pengikutnya langsung menganggapnya pelit.

Beberapa warganet menganggap tren ini malah menciptakan ‘mental pengemis’ dimana orang-orang seenaknya saja meminta-minta kepada para influencer yang notabene tidak kenal dengan mereka.

Tak hanya itu, di media sosial Twitter pun ramai mengenai salah satu peserta tren ikoy-ikoyan yang konon berbohong demi mendapatkan uang. Peserta tersebut awalnya meminta uang untuk melunasi biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) karena sudah tak tahu harus mencari pinjaman kemana.

Padahal setelah ditelusuri, peserta tersebut merupakan mahasiswa yang jarang masuk kuliah dan keluarganya cukup berada sehingga tak mungkin kesulitan uang untuk membayar biaya kuliah. Hmm, jadi rumit juga ya?

Tren Ikoy-ikoyan ini menjadi buah bibir di kalangan warganet. Apa Parents juga termasuk warganet yang ikut tren ikoy-ikoyan Arief Muhammad? Atau justru malah mengangap.ikuy-ikoyan hanyalah permainan semata ? (Afidatun Nisa)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here