BerandaBisnisTikTok Jadi Pilihan Kaum Muda saat Pandemi, Salip Aplikasi Facebook

TikTok Jadi Pilihan Kaum Muda saat Pandemi, Salip Aplikasi Facebook

- Advertisement -spot_img
IMG 20210811 133738 1
Sumber: dok Nikkei
Afidatun NISA.S.Pd.

BENEWS.co.id – Aplikasi TikTok dinobatkan menjadi aplikasi non game yang paling banyak diunduh di kuartal pertama 2021 berdasarkan hasil laporan terbaru dari Nikkei APP Annie berdasarkan data dari APP Annie pada Selasa (10/8), capaian unduhan dan pengeluaran pengguna di aplikasi, baik melalui laman Google Play maupun App Store

.

IMG 20210811 133817

Sebelumnya, Pada tahun 2019, Facebook sempat menempati posisi pertama kini turun menjadi posisi kedua, diikuti dengan WhatsAPP pada posisi ketiga dan Instagram pada posisi ke empat.

BACA JUGA:  Dana KUR BRI Bantu Usaha Kecil Mak Cik Tetap Aksis

Tidak dapat dipungkiri, pengguna tiktok didominasi oleh kaum muda atau generasi Z. Menurut Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian masyarakat dan budaya (LIPI) pada tahun 2021, bertambahnya pengguna Tiktok tidak lepas dari pandemi yang mengakibatkan pembatasan sosial, sehingga memaksa masyarakat untuk melakukan banyak aktivitas di rumah.

Fenomena pandemi ini merupakan salah satu alasan aplikasi TikTok menjadi aplikasi unduhan pilihan masyarakat. ByteDance merupakan pemilik TikTok, terus melakukan pengembangan dalam aplikasinya, salah satunya adalah TikTok menyediakan fitur unggahan video berdurasi hingga tiga menit atau tiga kali lipat dari batas durasi sebelumnya, hal ini dilakukan untuk terus mengungguli pesaingnya.

BACA JUGA:  Putusan PKPU Dianggap Tak Adil, Korban Nasabah Kresna Life Akan Ajukan Kasasi

Menurut temuan riset Firamadhina dan Krisnani (2020), Tiktok dapat menjadi sarana edukasi berupada edukasi informal pengetahuan umum dan spesifik sesuai konten yang disajikan oleh penggunanya.

Kepopularitasan TikTok juga dimanfaatkan berbagai institusi dan media, sebagai sarana komunikasi dan promosi salah satunya adalah World Health Organization (WHO) yang menggunakan Tiktok sebagai sarana edukasi menyampaikan prototokol 5M (Memakai masker, mcncuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas).

BACA JUGA:  Kepala BI Cabang Kepri, Musni Hardi K Atmaja, Mendukung Langkah Dewan Kerajinan Nasional Daerah Batam

Sumber : NIkkei

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here