Tidak Memiliki TPA, Warga Buang Sampah di Tebing Laut.

BEnews.co.id, ANAMBAS – Kurangnya sarana dan prasarana dibidang pengelolaan sampah, membuat sebagian masyarakat mengambil langkah instan akibat tidak memiliki TPA. Seperti halnya dengan desa pesisir timur, salah satu desa di kecamatan Siantan tersebut tidak memiliki TPA sampah yang layak.

Tumpukan sampah disisi tebih yang langsung mengarah ke laut

Dari hasil pantauan benews.co.id dilapangan, masyarakat desa pesisir timur menjadikan salah satu tebing yang mengarah langsung ke laut, sebagai lokasi pembuangan sampah selama tiga tahun ini.

BACA JUGA:  LSM Kodat 86 Duga Mutasi Sejumlah Honorer Karimun Tidak Efektif

“Kita memakai lokasi tersebut sejak tahun 2018 silam. Sebelumnya kita sudah pernah bahas masalah ini dengan pemerintah daerah, namun kita terbentur dengan permasalahan lahan,” terang sekretaris desa pesisir timur,Zubandi.

Moda transportasi pengangkut sampah juga menjadi persoalan bagi masyarakat desa pesisir timur, untuk mengangkut sampah dari rumah masyarakat selama ini hanya dengan menggunakan sepeda motor.

BACA JUGA:  Komandan Rayon Militer 02 Tarempa, Tegaskan, "Benda Aneh" Temuan Nelayan Sudah Diamankan.

“Kita hanya memiliki tiga orang petugas kebersihan, dan itu juga hanya dengan menggunakan honda(motor) yang dimodifikasi seperti sepeda motor pengangkut air mineral/air galon isi ulang,” tambah Zubandi

Untuk menanggulangi persoalan sampah, diperlukan kerja sama yang baik dari masyarakat dengan pemerintah daerah. Tentunya hal ini juga butuh dukungan dari pemerintah daerah serta pemerintah pusat

BACA JUGA:  Buntut Terbakarnya Kapal Tangkapan Bea Cukai, Polisi Amankan 4 orang.

“Tapi untuk kedepannya nanti kita akan musyawarahkan lagi dengan dinas terkait agar desa kami memiliki lokasi pengelolaan sampah yang lebih baik dan lebih layak.” tutup Zubandi.

Ferengky