BerandaSastra MelayuSembako untuk Laili dan Keluarga Muallaf di Dapur Enam Rempang Galang

Sembako untuk Laili dan Keluarga Muallaf di Dapur Enam Rempang Galang

- Advertisement -spot_img

.CO.ID | Batam.- Siapa menyusul ? ,Pulau Batam boleh dikata salah satu pulau terbesar di gugusan Kepulauan Riau, yang juga dikenal dengan sebutan pulau segantang lada.

IMG 20211016 103927
Darwis dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam. menyerahkan titipan paket sembako kepada keluarga yang berhak menerima.

Di pulau yang bentuknya seperti penyu ini. Ditumbuhi hutan mangrove menghijau subur. Bahan baku pembuat arang kayu. Jadi tak salah banyak terdapat dapur dapur pembakaran arang.

FB IMG 1634355527261
Photo : Dokumen Imbalo

Di sekitaran pulau pulau yang tergabung dalam kesatuan nama Barelang ini.Sebut saja Dapur 12, ada Dapur 3, Ada lagi Dapur 6. Entah dapur dapur apalagi namanya.Rata rata penduduk disekitaran Dapur Arang tersebut Nelayan dari Suku Laut.

Mereka menyambi jadi pemotong kayu. Sekitar 250 ribu rupiah satu tonnya ujar pak Bakri. Toke pemilik dapur itu memberi mereka terlebih dahulu pinjaman uang untuk kebutuhan sehari hari.

BACA JUGA:  Bertemu dengan Panglima Lang Laut. Bukan Elang Laut, tetapi Lang Laut, tak pakai huruf "E"

Seperti di Tanjung Gundap misalnya, sejak mereka menetap disana tidak nomaden lagi, Suku Laut ini dianggap kaum yang belum beragama. Padahal tok tok mereka dulu Islam. Baca sejarah Kesultanan Melayu Johor Riua Lingga. Sebagian besar mereka memeluk agama barunya.

Belakangan ini ada sebagian yang kembali ke Islam. Begitupun di tempat yang lain. Seperti di Dapur 6. Pak Samiun dan mak Yang Cik. pasangan suami isteri ini, tinggal persis di samping gudang penimbunan arang.

Punya lima orang anak dua lelaki dan tiga perempuan. Empat anak nya dua lelaki dan dua perempuan semua sudah memeluk Islam kembali. Bahkan pak Samiun sempat berikrar mengucapkan syahadat.

BACA JUGA:  [Cerbung] Sigaor Dodak (1)

Bersama anak lelakinya yang kedua yang sudah berumur 34 tahun, namun belum berkeluarga, empat anaknya yang lain sudah punya anak.Yok kesana pak Imbalo ajak Darwis dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam. Ada titipan paket sembako untuk Laili nama anak pak Samiun yang tetap dalam Islam.

Pak Samiun ayahnya ditunda keislamannya, seorang anak perempuan yang tinggal di luar pulau Dapur Enam itu tak setuju ayahnya masuk Islam.

Kamipun kesana. Disaksikan pak ustadz Abdullah dan isterinya, Dai di kampung itu paket sembako titipan dari Majlis Taklim Tasawuf yang Ketua nya Bu Tia dari Batam Centre ini.

BACA JUGA:  Kapolresta Barelang Hadiri Upacara HUT TNI ke - 76 di Mako Lanal Batam

Kami serahkan kepada keluarga pak Samiun. Bersamaan dengan itu sejumlah mukenah telekung, sumbangan dari bang S.A. Fuad dari Baloi Indah kepada ibu ibunya. Serta kain sarung dari mang Taba Iskandar untuk yang lelakinya.

Sebenarnya masih belasan lagi warga muallaf di kampung itu ujar Dai Abdullah. Namun segitu yang baru bisa kami berikan, amanah yang dititipkan ke kami. sebagai bentuk laporan kami tuliskan disini.

Terima kasih kepada yang telah sudi dan mempercayai kami menitipkan sumbangan untuk diagihkan kepada yang berhak menerimanya. Insyaallah Amanah dan dapat dipercaya.Semoga ada para karib jerabat yang ingin berbagi kami siap memfasilitasinya.(***)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here