Sabtu, September 25, 2021
Google search engine
BerandaKepriBatamSekda Jefridin Raih Prestasi Sangat Memuaskan Diklat Kepemimpinan Nasional

Sekda Jefridin Raih Prestasi Sangat Memuaskan Diklat Kepemimpinan Nasional

BENEWS.CO.ID, JAKARTA – Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, menerima piagam penghargaan dengan kualifikasi 𝗦𝗮𝗻𝗴𝗮𝘁 𝗠𝗲𝗺𝘂𝗮𝘀𝗸𝗮𝗻 (istimewa) dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I angkatan XLIX tahun 2021, yang dilaksanakan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).

Foto: SEKDA JEFRIDIN saat menerima piagam dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo.

Dalam pelatihan ini, Jefridin menggaungkan ide dalam proyek perubahannya yakni pembangunan sistem pemantauan kinerja dan anggaran Pemerintah Daerah dalam upaya akselerasi stabilitas perekonomian di Provinsi Kepulauan Riau.

Ide itu mempertimbangkan kebijakan satu data Indonesia yang merupakan upaya pemerintah dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah.

“Untuk mewujudkan arahan Presiden tersebut, melalui proyek perubahan ini, Kepri akan memiliki satu sistem kinerja dan anggaran pemerintah daerah berbasis teknologi informasi.

Hal itu sangatlah penting mengingat saat ini pemantauan kinerja dan anggaran di Kepri belum terintegrasi, adanya pergeseran paradigma untuk menuju good governance, dan belum ada sistem pengendalian kinerja dan anggaran,” ujarnya, Kamis (2/9/2021).

BACA JUGA:  Satgas Yonif 403 Ajak Pemuda Perbatasan Jauhi Narkoba dan Miras

Dalam mengikuti pelatihan itu, Jefridin berbekal surat perintah tugas Gubernur Kepri dan masukan dari Wakil Gubernur Kepri sekaligus dalam hal ini sebagai mentornya.

BACA JUGA:  Peningkatan Jalan Arteri Gajah Mada Solusi Mengatasi Kemacetan Menuju Kawasan Industry Sekupang

Dari sana, muncullah ide untuk menciptakan sebuah sistem informasi pemantauan kinerja dan anggaran pemerintah daerah melalui aplikasi e-govkepri.

“Dengan kondisi saat ini, Kepri harus segera memiliki sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan kinerja Pemda dan terwujudnya good governance, serta tata kelola keuangan daerah yang efesien, efektif, ekonomis dan akuntabel,” ujarnya.

Ia bersyukur, ide tersebut disambut baik di tingkat nasional. Bahkan membawa dirinya masuk dalam 10 peserta yang mendapat predikat prestasi istimewa.

“Alhamdulillah, dukungan dari semua pihak membuat proyek perubahan ini bisa dilirik hingga tingkat nasional,” katanya.

BACA JUGA:  34 Pelanggan bright PLN Batam Dapat Hadiah

Sebelumnya, Diklat tersebut dibuka langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Diklat ini diikuti oleh 42 peserta yang berasal dari empat kementerian yang berjumlah tujuh orang, enam LPNK/LTN yang berjumlah sembilan orang, lima pemerintah daerah berjumlah lima orang, dan dari Kepolisian yang berjumlah 21 orang.

Dalam sambutannya, Menteri PANRB mengatakan, Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I yang diselenggarakan oleh LAN ini diharapkan menjadi momen penting dalam membentuk talenta digital dan pemimpin digital sehingga mampu membangun birokrasi berkelas dunia di Republik Indonesia.

BACA JUGA:  Ayo Belanja Produk UMKM Batam, Bantu Pelaku Usaha & Bangkitkan Ekonomi Rakyat

𝗣𝗲𝗺𝗶𝗺𝗽𝗶𝗻 𝗞𝗲𝗹𝗮𝘀 𝗗𝘂𝗻𝗶𝗮

Sekadar diketahui, Pelatihan Kepemimpinan Nasional TK I, Angkatan XLIX, Tahun 2021. Ini adalah kawah untuk mencetak pemimpin berkelas dunia, dengan membangun kepemimpinan strategis guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan sumber daya manusia unggul.

BACA JUGA:  Ketua Garda IKABSU Jurado, Serukan Pilkada Bermartabat

Tak sembarang orang bisa ikut kegiatan ini. Sebab sebelum dipanggil, calon peserta terlebih dahulu diseleksi bersama ratusan calon peserta dari kementrian, lembaga, Polri, pejabat provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia.

Dari seleksi tersebut, Jefridin, berhasil terpilih sebagai peserta dan mulai Senin, tanggal 5 April sampai 2 September 2021, suami Hj Hariyanti Jefridin ini, mengikuti pelatihan di Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

“Saya ikut tesnya pada tahun 2020 lalu. Dari ratusan peserta yang ikut, yang terbaik dari berbagai instansi se-Indonesia, saya lulus untuk mengikuti PKN ini. Alhamdulillah,” jelas Jefridin kala itu. ***

Sumber: 𝐌𝐞𝐝𝐢𝐚 𝐂𝐞𝐧𝐭𝐞𝐫 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular