BerandaHot NewsPT Angkasa Pura I (Persero) bersama Incheon International Airport (IIAC) Tonjolkan Kearifan...

PT Angkasa Pura I (Persero) bersama Incheon International Airport (IIAC) Tonjolkan Kearifan Lokal Batam dalam Mengelola Hang Nadim Kedepan.

- Advertisement -spot_img

Benews.co.id -BATAM.- Konsorsium PT Angkasa Pura I (Persero) bersama Incheon International Airport Corporation (IIAC) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang memenangkan tender Seleksi Pengadaaan Badan Usaha Pelaksana Proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Adapun konsorsium ini akan mengelola selama 25 tahun.

handy coorporate ap 1

Handy H. Corporate Secretary AP1

Hal tersebut berdasarkan pengumuman Panitia Pengadaan Proyek KPBU Bandara Hang Nadim di bawah Badan Pengusahaan Kawasan Batam (BP Batam) pada Jumat (19/3/2021) melalui website BP Batam www.bpbatam.go.id. Konsorsium Angkasa Pura I berhasil meraih peringkat I dengan poin 100 sehingga mengungguli peserta konsorsium tersisa dari proses panjang seleksi yaitu Konsorsium Batam yang terdiri dari PT Angkasa Pura II (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Egis Project S.A, Engie South East Asia Pte Ltd.

Berikut Wawancara Redaktur Senior BEnews, Komansah, dengan Handy H. Corporate Secretary AP1melalui media whatsapp Rabu,( 21/7/2021).


BEnews ( BN) : Selamat ya pak atas penandatanganan Perjanjian Awal (HoA) Kerja Sama Pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam.
Handy H (HH) : Terima kasih
BN: Kendala terbesar apa kira kira ke depan nanti, mengingat saat ini, dan kapan belum pasti berakhirnya Covid-19, malah yg ada semakin timbulnya varian varian baru seperti Delta misalnya, sampai sejauh mana tingkat optimal di masa pengelolaan selama 25 tahun.


Handy Corporate Secretary AP1:Tantangan yang menurut kami, Ketidakpastian kondisi eksternal seperti pandemi covid yg saat ini masih berlangsung. Namun demikian, kami senantiasa menjaga prospektus pengembangan BTH dgn situasi yang ada. Kami optimis, dengan selesainya pandemi maka BTH dapat kami dorong sesuai dengan rencana jangka panjang. Kerjasama 3 perusahaan dlm konsorsium membutuhkan kordinasi dan komunikasi yang erat. Kami saat ini terus berkomunikasi utk membangun manajemen yg solid, efektif dan efisien.

BACA JUGA:  ๐— ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—ฎ๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—›๐—จ๐—ง ๐—ธ๐—ฒ-๐Ÿญ๐Ÿต ๐—ž๐—ฒ๐—ฝ๐—ฟ๐—ถ, ๐—ฃ๐—ฒ๐—ด๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ถ ๐—•๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—บ ๐—ช๐—ฎ๐—ท๐—ถ๐—ฏ ๐—š๐˜‚๐—ป๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—•๐—ฎ๐—ท๐˜‚ ๐— ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐˜†๐˜‚

BN: Masing-masing tentunya sudah mempunyai jobdesk sendiri-sendiri,seperti yg disebutkan sebelumnya di dalam klausul,Apakah ada tugas2 lainya selain yg ada diklausul tersebut, tentunya dalam kontekstual kebersamaan..?

Handy Corporate Secretary AP1: Sejauh ini kami selalu berkordinasi dgn anggota korsorsium dan juga dgn BP Batam.
Blm ada tugas lain diluar klausul. Tentu harapan kita bersama bahwa dikerjasamakannya BTH dgn pihak lain akan menciptakan / create value added bagi BTH sendiri, dan dapat dimanfaatkan oleh bangsa

BACA JUGA:  Pelaku Curas Sadis di TOWN HOUSE Cipta Green Mension Berhasil Diamankan Polsek Sekupang


BN: Saya kutip dari statement Devi selaku plt,Dirut AP I,” Kedepan AP,1 optimis punya peluang lebih besar untuk mendapatkan kontrak kerjasama bandara potensiaylainya, baik dlm dan luar negeri”, Sampai sejauh mana target tersebut bisa tercapaiโ€ฆ? Lalu sampai sejauh mn kesiapan AP 1 itu sendiri.


Handy Corporate Secretary AP1: Terrkait dgn kerjasama AP1 – Incheon – Wika, menjadi role model pola kerjasama strategis kami. Ke depan, dgn melihat peluang2 yg ada serta terbukanya model kerjasama antara perusahaan global maka potensi kami utk kelola bandara lain juga terbuka.

BACA JUGA:  Presiden โ€œNyemplungโ€ Saat Tanam Mangrove Bersama Masyarakat di Batam


BN: Ok,,,Maaf ini pertanyaan saya rada rada “PARNO”untuk persentasi dari nilai keuntungan, selama 25 tahun mengelola nanti bagaimana,โ€ฆ persentasinya.


Handy Corporate Secretary AP1: Terkait hal diatas kami belum dapat sampaikan. Namun dari kajian dan evaluasi tim konsorsium, BTH sangat terbuka dan mempunyai prospek2 yang dapat memberikan nilai tambah ekonomi untuk anggota konsorsium.

BN: Ada hal hal penting lainya sebelum saya akhiri pertanyaan ini, Mengingat ini kedepanya untuk kearifan lokal juga pastinya kedepan akan menciptakan lapangan pekerjaan masyakarat Batam pada khususnya, apalagi dimasa yg sedang sulit saat ini, banyak yang kehilangan pekerjaan.


Handy Corporate Secretary AP1: Betul Pak Eko, Dalam proses jalannya operasional bandara, tentu kami harus memperhatikan kearifan lokal dan konteks kedaerahan. Perlu dipertegas, bahwa selama ini pola pembangunan daerah sekitar bandara menjadi acuan kami. Program2 CSR dan pemberdayaan kemasyarakatan telah banyak kami gulirkan untuk masyarakat.

BN :Baik Terimakasih Pak. Salam.

Komansah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here