BerandaKepriBatamPMI Batam Lakukan Donor Darah Plasma Konvalesen Untuk Pasien COVID-19

PMI Batam Lakukan Donor Darah Plasma Konvalesen Untuk Pasien COVID-19

- Advertisement -spot_img

BEnews.co.id- BATAM – Palang Merah Indonesia lakukan donor darah plasma konvalesen bagi pasien yang terkena covid-19, di Gedung PMI, Jl. Cempaka Batam Center, Senin (25 Januari 2021).

Menurut Kepala UDD PMI Batam, dr. Novia M.Biomed, plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. 

IMG 20210125 WA0014
Kepala UDD PMI Batam, dr. Novia M.Biomed,Photo Bersama

“Saat ditemui awak media dr. Novia menjelaskan, donor darah plasma konvalesen adalah untuk terapi penunjang sama seperti penambah imun.

BACA JUGA:  HM.Rudi Salurkan Bantuan KPM, PKH, BST di Kelurahan Sungai Jodoh

Untuk satu orang darahnya diambil 400cc – 600cc. Cara pengambilannya, yang diambil dengan apheresis yang diambil cuma plasmanya dan sisa darah merahnya kembali ke dalam tubuh. Sebelum melakukan pengambilan kita melakukan Screening diawal. Penyintas ini kita sebut penyintas data tidak serta merta kita ambil darahnya, kita cek dulu titer anti bodynya mencukupi atau tidak. Terus melawati pemeriksaan penyakit menular.

Plasma Konvalesen ini diambil dari pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Yang sudah melewati 20 hari tanpa gejala barulah pasien ini bisa mendonorkan plasma tadi. Karena, antibodi yang kena itu enam minggu paling bagus setelah dinyatakan terinfeksi Covid-19,” katanya.

BACA JUGA:  Luar Biasa, Memukau Dalam Sidang Paripurna DPRD Batam.

Dijelaskan Novia, diharapkan antibodi dari pasien yang sudah sembuh bekerja sebagai imunisasi pasif pada pasien.

“Jadi kalau misalnya di rumah sakit ada yang membutuhkan plasma konvaselen, biasanya pasien yang kondisi sangat berat. Tapi ini tidak memperbaiki organ yang telah rusak. Tetapi sebagai imunisasi menambah imun membasmi virus di dalam tubuh si pasien,” terangnya.

BACA JUGA:  Relawan #GerakanBerbagiUntuk Warga Bagikan Nasi Bungkus dan Masker kepada Warga Kota Medan

Dari screening awal ada 45 pendonor yang mendaftar. Namun, yang berhasil hanya empat orang, lalu sampel tersebut dikirim ke Jakarta. Selanjutnya, hanya tiga orang yang lulus sampelnya,” kata Novia.

“Mereka yang donor harus membawa surat pernyataan pernah terpapar virus Covid-19. Jika pendistribusian Plasma Konvaselen didistribusikan ke rumah sakit yang membutuhkan. Ia menargetkan dalam satu minggu ada delapan orang pendonor,” tutur dr. Novi (Hendrik Butar)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here