BerandaSastra MelayuPerkampungan Melayu Tanjung Sauh Ngenang Nongsa Batam, Tak Lama Lagi Lenyap

Perkampungan Melayu Tanjung Sauh Ngenang Nongsa Batam, Tak Lama Lagi Lenyap

- Advertisement -spot_img
BENEWS.CO.ID | Batam  – Perkampungan Tanjung Sauh Ngenang Nongsa Batam ini Tak berapa lama lagi lenyap mereka harus pergi semua dari situ. Dengan gesit Radit melompat dari pelantar kayu yg sudah mulai lapok dan agak bergoyang tempat bersandar spead boat yang membawa kami dari pelabuhan KPLP Telega Punggur ke pulau Tanjung Sauh Kelurahan Ngenang Kecamatan Nongsa Batam.
Radit melepaskan tali yang menambat spead boat laju milik LAZ Batam bersama ketiga temannya, saat tiba di Perkampunagan, Air sudah beranjak surut kalau kami tak segera berlepas alamat kenderaan laut itu kandas.

Sebenarnya teringin nak berlama lama di Perkampungan pulau Tanjung Sauh itu. Air lautnya jernih, pantai nya berpasir dan berbatu indah. nun diselatan yerlihat selat johor di baratnya pula pulau Batam. Pohon nyiur melambai lambai. Ombak laut nya agak besar gelombangnya tak ada batas dengan selat Singapura.

BACA JUGA:  Kisah Putra Penanam Bongkat dari Kampung Setengar bertemu Pak Jokowi di Setokok Batam
Tanjung Sauh Ngenang Nongsa batam
Imbalo Iman Sakti….Tanjung Sauh, Ngenang-Batam

“Datang lagi ya tok,” ujar Radit berulang ulang sembari melambaikan tangannya, haluan boat kami sudah mengarah ke Telaga Punggur lambaian tangan Radit jadi terlindung, kulihat dia terus melambai terlihat dari buritan boat laju 2 x 50 PK itu.

Imbalo iman sakti
Majelis Taklim Tasawuf Batam pimpinan Bunda Tia yang telah mrmberikan paket Sembako begitu banyak melalui LAZ Batam.

Bang Syarifuddin beserta tim nya dari Lembaga Amil Zakat Batam memberikan puluhan bungkus sembako kepada penduduk Perkampungan pulau yang tak lama lagi akan di pindahkan seluruhnya karena pulau Tanjung Sauh di alih fungsikan jadi kawasan industri. Dan pulau itu pula menjadi titik tiang pancang salah satu jembatan terpanjang di Indonesia Yaitu Jembatan Batam Bintan.

Lebih kurang ada lima puluh kepala keluarga di pulau itu. Radit kelas enam Sekolah Dasar hanya tiga orang murid kelas tiga mereka di pulau itu.
Karena pandai dan kusuruh baca Surah Almaun dan hanya Radit yang hafal kuberi hadiah kopiah kepadanya. Ibu Radit muallaf sebelumnya beragama Budha. Ayahnya nelayan. Kalau nanti SMP pindah ke Punggur Tok ujar Radit. Agaknya Radit tak tahu mereka semua penduduk pulau itu akan di rvakuasi. Tempat Radit membesar itu telah ditandai titik dimana tiang pancang Jembatan BABIN.

BACA JUGA:  PPKM Darurat, Petugas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Bekerja Ekstra Keras

Radit anak bungsu saya ujar ibu Radit, wanita keturunan Cina 40 an tahun itu didampingi anak perempuan asuhnya dua orang dapat hadiah Mukenah masing masing sepasang. Duduk disamping kami menyimak Radit membaca surah pendek.

Saya bisa baca tulis koq pak, tapi belum bisa baca Quran, ujar kak Nana demikian nama ibu Radit. saat kutanya, ia ingin sekali mempunyai buku fiqih tentang wanita muslim. Sebenarnya dua kali sebulan ustadz Abdussalam asal Masura yang tinggal di Kampung Selat Desa Dapur Arang datang berkunjung ke pulau Tanjung Sauh itu, mungkin seganlah ibu itu menanyakan hal ihwal wanita agaknya.

BACA JUGA:  Ketua Garda IKABSU Jurado, Serukan Pilkada Bermartabat

Terima kasih kami ucapkan kepada Majelis Taklim Tasawuf Batam pimpinan Bunda Tia yang telah mrmberikan paket Sembako begitu banyak melalui LAZ Batam. Dan dibagikan ke pemukiman Tanjung Sauh, Konon Majelis Taklim ini setiap Senin bakda Zuhur mengadakan Kajian Rutin di Ruang Serbaguna Masjid Agung Batam.

Iya, insyaallah atok datang lagi, Radit sudah hafal surah Annabak ya, pokoknya ada hadiah spesial lho kataku pada Radit saat kami berbincang di beranda masjid Nurul Islam itu.

Kak Beda yang melihatku nakan, nyeletuk. Atok kalau datang telpon dulu kami, nanti Beda masakin asam pedas pulau Tanjung Sauh. Aok jawabku sambil tersenyum.

Akh ramahnya orang melayu di pulau ini ye….(Penulis : Imbalo Iman Sakti)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here