BerandaDaerahPengosongan Paksa Komplek Rumah Dinas IKES Nyaris Ricuh

Pengosongan Paksa Komplek Rumah Dinas IKES Nyaris Ricuh

- Advertisement -spot_img

BENEWS.CO.ID | MEDAN DELI – Pengosongan paksa serta melakukan pemagaran Rumah Dinas IKES Dinkes Provsu yang berada di Jalan Rumah Potong Hewan Mabar Kecamatan Medan Deli, dengan tim BPKAD, SatPol PP, Kejatisu, dan Inspektorat nyaris ricuh. Senin(04/10/2021) sekira Pukul 09.00 WIB.

IMG 20211005 WA0001
Pengosongan paksa serta melakukan pemagaran Rumah Dinas IKES Dinkes Provsu yang berada di Jalan Rumah Potong Hewan Mabar Kecamatan Medan Deli, dengan tim BPKAD, SatPol PP, Kejatisu, dan Inspektorat nyaris ricuh

Menurut Anto (50) didampingi warga Komplek IKES Mabar menghistorikan dengan singkat dari tahun 1973 , bahwa orang tuanya sudah tinggal disana, awalnya tinggal disana bahwa ini rumah tidak ada apa apa dalam artian hanya rumah dan sumur.

“Listrik tidak ada, PDAM tidak ada, orang tua kami lah yang mengurus, membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) juga orang tua kami, Terus awalnya itu tidak dikutip retribusi, mulai tahun seribu sembilan ratusan dan tak tau percis mulai dikutipnya retribusi, dibayar lah oleh orang tua orang tua kami.” Jelas pria yang memaki baju gamis tersebut.

BACA JUGA:  Relawan #GerakanBerbagiUntuk Warga Bagikan Nasi Bungkus dan Masker kepada Warga Kota Medan

Kemudian masih kata Anto, pada saat itu orang tua mereka sudah mulai pensiun, diusulkan lah rumah ini untuk ditetapkan menjadi golongan III, karena syarat satu untuk mendapatkan memiliki adalah golongan III, jadi para orang tua dulu di komplek ini mengurus golongan rumah ini untuk dinaikkan menjadi golongan III.

“Karena salah satu persyaratan untuk naik ke golongan III adalah mempunyai sertifikat, minimal sertifikat hak pakai, diurus lah sertifikat hak pakainya tapi atas nama dinas , karena yang mempunyai bukan pribadi,” ujarnya dengan nada tinggi.

Keluar lah sertifikat hak pakai tersebut, keluar surat dari Kepala Dinas pada masa itu, isinya disetujui penyetujuan untuk naik menjadi ke golongan III, sudah disetujui diserahkan wewenang, pengelolaan, penempatan, dan lain sebagainya kepada Gubernur Sumatera Utara pada masa itu. Ucapnya.

“Di tahun 2000 di panggil lah kami oleh Dinas Kesehatan untuk membicarakan mengenai penempatan pada saat itu orang tua kami sudah pensiun dan orang tua saya sudah meninggal, datang lah ke Dinas , disitu disampaikan juga bahwasanya kami ingin memiliki rumah tapi ditolak oleh Dinas pada saat itu padahal kami belum membuka berkas ” Papar Anto lagi.

BACA JUGA:  Mobil Vaksin Keliling BIN "door to door" Layani Warga di Desa Beringin, Deli Serdang

“Dari mulai situ lah, mulai ada kalau saya bilang semacam intimidasi, setelah(Red-Pihak MM) menawarkan ke beberapa warga agar kami pindah dari komplek ini.” Katanya.

“Harapan kami ya sesuai surat pak, kalau kami bisa memiliki perumahan ini , kalaupun seandainya tidak bisa sama sekali , jangan seperti ngusir anak ayam dari kandangnya, hargai orang tua kami yang sudah mengabdi kepada negara sekian tahun.” Harap Anto dan beberapa warga lain.

“Saya mengharapkan pihak DPRD ataupun Gubernur Sumatera Utara bisa memediasi masalah ini secara Arif dan bijaksana (damai), ini rumah golongan III yang ngusulin juga kami, secara peraturan pemerintah (PP), kami berhak, sudah memenuhi persyaratan, karena ini bukan bagian dari kedinasan” katanya lagi

BACA JUGA:  KLHK dan BP Batam Harus Amankan Drainase Alam di KPLI

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Efendi Poerba mengatakan Sebetulnya hanya disini celahnya konvensasi, lagi lagi lagi di kalimat konvensasi.

“Ini ada beberapa orang juga sudah bersedia keluar, ini ada sudah menempati orangtuanya sudah tidak ada lagi (meninggal), pada saat warga ini menyampaikan minta konvensasi, bukan kapasitas saya menjawab, pak Ardi menyampaikan tidak ada kita anggarkan.

“Katanya dihadapan Ade Safawi salah satu warga komplek Ikes Mabar.Akhirnya ketika hadir Wakil ketua DPRD Sumut Irham Buana Nasution, terbentuk rapat kecil bersama BPKAD, SatPol PP, Kejatisu, dan Inspektorat, kemudian hasilnya nanti akan berkoordinasi dengan baik dan duduk bersama. (Rizky Zulianda)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here