BerandaKepriBatamMumpuni Kelola Pelayanan Air Bersih, MOYA GROUP Mendapat Kepercayaan Kelola SPAM Termasuk...

Mumpuni Kelola Pelayanan Air Bersih, MOYA GROUP Mendapat Kepercayaan Kelola SPAM Termasuk Batam

- Advertisement -spot_img

BEnews.co.id, Batam – 9 (Sembilan) SPAM Batam yang dikelola oleh MOYA Group buktikan MOYA handal dan profesional dalam pengelolaan infrastruktur khususnya di bidang pelayanan air bersih. Bukan sesuatu yang mudah untuk mendapatkan kepercayaan khususnya dari Pemerintah untuk pengelolaan 9 (Sembilan) SPAM yang tersebar di seluruh Indonesia. Astriena Veracia, Corporate Communication MOYA menyampaikan bahwa ke 9 (Sembilan) SPAM tersebut dalam pengelolaannya menggunakan konsep kerjasama yang berbeda-beda. Namun semua konsep kerjasama ini pada ujungnya tentu akan memberikan keuntungan baik dari sisi Pemerintah maupun Swasta itu sendiri.

IMG 20210311 WA0006
Photo : Dokumen PT. Moya Indonesia

Pola kerjasama tersebut bernamakan Public Private Partnership (‘’PPP”’) atau Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (‘’KPBU’’). Dalam skema PPP ini, maka Pemerintah dan Swasta dapat berbagi tanggung jawab, pihak Pemerintah akan merencanakan pembangunan infrastrukur publik, sedangkan peran pihak swasta adalah menyediakan dan mengelola infrastruktur publik selama jangka waktu tertentu yang telah disepakati. Dari penjelasan di atas, Pemerintah memandang pihak swasta memiliki sumber daya yang berkualitas dan mumpuni sehingga dapat mewujudkan pembangunan infrastruktur yang efektif dan efisien.

IMG 20210311 WA0002
Photo : Dokumen BP Batam

Sebagai mitra swasta, MOYA berprinsip bahwa komitmen kerjasama tersebut harus dilakukan dengan konsep saling menghormati, mencari solusi yang paling baik untuk hasil yang terukur dengan jelas. Efisien dan efektif menjadi kunci keberhasilan dari sisi yang lainnya. Kedua hal tersebut, diyakini menjadi modal yang paling utama dalam mengukur keberhasilan SPAM. Keyakinan ini dilandasi karena MOYA GROUP memiliki tenaga engineering, teknik serta design yang handal, sehingga dapat memunculkan banyak inovasi yang diselaraskan untuk menekan biaya operasional, hal ini sudah kita buktikan pada pelakanaan SPAM yang dikembangkan oleh MOYA GROUP di beberapa tempat.

BACA JUGA:  BP Batam Teken Nota Kesepahaman bersama Bank Mandiri
IMG 20210311 WA0003
Photo : BP Batam

Komitmen tersebut diwujudkan oleh MOYA GROUP dengan mengedepankan keahlian, kemampuan maupun pengalamannya dalam membangun dan mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air (IPA), perluasan dan pemeliharaan jaringan perpipaan serta pengelolaan kepelangganan dengan detail sbb :

  1. PT Aetra Air Jakarta (‘’AAJ”’)
    PT Aetra Air Jakarta bertanggung jawab untuk mengelola, mengoperasikan dan memelihara sistem penyediaan air bersih, dengan wilayah operasionalnya meliputi sebagian Jakarta Pusat, sebagian Jakarta Utara dan seluruh Jakarta Timur.
  2. PT MOYA Bekasi Jaya
    Melalui kerjasama antara PT MOYA Bekasi Jaya dengan PDAM Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi, dengan kerjasama BOT (Built Operate Transfer) yang terletak di Tegal Gede, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Saat ini telah dilengkapi juga dengan teknologi UF (Ultrafiltrasi) yang merupakan Instalasi UF yang terbesar di Indonesia saat ini.
  3. PT Aetra Air Tangerang (‘’AAT’’)
    PT Aetra Air Tangerang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk melayani masyarakat di 8 (delapan) Kabupaten Tangerang. Proyek Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) ini menjadi proyek KPS di bidang air minum pertama yang berhasil diwujudkan di Indonesia.
  4. PT Moya Tangerang
    PT Moya Tangerang saat ini mendistribusikan air bersih ke Kota Tangerang serta Bandara Internasional Soekarno – Hatta.
  5. Acuatico
    PT Acuatico Air Indonesia (‘’AAI’’) menyediakan air di Kawasan Rasuna Epicentrum yang merupakan kawasan bisnis seluas 35 hektar. Penyediaan air di kawasan ini menggunakan saluran dan jaringan distribusi mandiri.
  6. Air Semarang Barat (‘’ASB”’)
    Proyek SPAM Semarang Barat merupakan Proyek KPBU, di mana MOYA mendapatkan tanggungjawab dari Perusahaan Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang. ASB sudah memasuki masa konstruksi pada tahun 2019 (konstruksi ini diperkirakan akan selesai dalam 2 tahun). ASB berkeyakinan bahwa dengan periode kerjasama selama 25 tahun setelah selesai masa konstruksinya akan menambah rasio cakupan layanan (Service Coverage Ratio) di Kota Semarang, khususnya di Semarang Barat.
  7. PT Traya Tirta Cisadane
    PT Traya Tirta Cisadane didirikan pada tanggal 26 Februari 2014, yang merupakan Perusahaan Nasional yang mengadakan kontrak kerjasama dengan Perusahaan PDAM Tirta Kerta Raharja, Kabupaten Tangerang untuk mengoperasikan dan memelihara Instalasi Pengolahan Air Minum Cisadane Serpong.
  8. PT Tirta Kencana Cahaya Mandiri
    PT Tirta Kencana Cahaya Mandiri adalah perusahaan yang bekerjasama dengan PDAM Tirta Kerta Raharja yang didirikan untuk merehabilitasi dan peningkatan kapasitas Instalasi Pengolahan Air Minum Cikokol, termasuk operasi dan pemeliharaan Instalasi selama 15 tahun.
  9. SPAM Batam
    Tepat pada tanggal 4 September 2020, telah ditetapkan oleh Kepala Badan Pengusaha Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam sebagai Mitra Kerjasama yang dipercaya untuk melakukan fungsi Caretaker Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam. Penetapan ini sebagai tindak lanjut dari pemilihan mitra penyelenggaraan operasi dan pemeliharaan selama masa transisi. Penugasan MOYA untuk melaksanakan tugas Caretaker ini berlangsung selama 6 (enam) bulan, terhitung sejak dikeluarkannya Perjanjian Kerjasama tersebut pada tanggal 15 November 2020 lalu. Selama menjalankan tugas caretaker tersebut, MOYA Indonesia berperan sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Daerah Batam. Selain itu, MOYA juga akan berperan sebagai penopang dalam lingkup manajemen dan operasional Pengelolaan Sistem penyediaan Air Minum bagi warga Batam.
BACA JUGA:  Pemerintah Apresiasi bright PLN Batam atas Dedikasi dan Bantuan Penanganan COVID-19

Secara total, MOYA Group memproduksi kurang lebih 20,535 liter/detik, dengan melayani lebih dari 600.000 sambungan di seluruh Indonesia, dengan panjang total pipa air bersih sebesar 8.500 kilometer.

Prestasi yang membanggakan ini tentunya diperoleh dengan komitmen yang luar biasa dari segenap keluarga besar MOYA Group serta dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan. Hal ini sebagai perwujudan dari VISI MOYA yaitu “’Menjadi Perusahaan Terkemuka dan Mitra Terpercaya penyediaan air bersih di Asia dengan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Melalui penyediaan air bersih yang berkualitas sesuai standar yang berlaku serta membangun Perusahaan yang kuat dan berkelanjutan sehingga memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan.(***)

BACA JUGA:  Satgas Yonif 403 Ajak Pemuda Perbatasan Jauhi Narkoba dan Miras
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here