BerandaKepriBatamMain Tunjuk, Warga Pertanyakan Kapasitas RT dalam Menciptakan Kenyamanan Warga

Main Tunjuk, Warga Pertanyakan Kapasitas RT dalam Menciptakan Kenyamanan Warga

- Advertisement -spot_img

BENEWS.co.id, BATAM – Keberadaan Ketua RT dalam lingkungan sangat vital, terlebih dengan situasi COVID 19, dalam penerapan PPKM, Pemerintah meletakkan ujung tombak pengendalian Pandemi COVID 19 dengan keberadaan RT ditengah-tengah lingkungannya.

IMG 20210816 185335
Agus sofyan, Lurah Tanjung RIau, Sekupang- Batam (Photo : Dokumen warga)

Tidak demikian dengan RT 04, Perumahan Glory , Tanjung Riau, Sekupang. sudah 3 bulan Warga tanpa memiliki Ketua RT, hal ini terjadi disebabkan, Pak RT sebelumnya telah mengundurkan diri, dengan alasan karena kesibukan atas aktivitas nya,.

Informasi dari warga, Mundurnya RT dilingkungan RT 04, tidak menjadi kendala bagi Lurah Tanjung Riau, karena Sekertaris yang selama ini mendampingi RT, dijadikan sebagai sebagai pelaksana tugas (PLT) sebagai pengganti RT yang telah mengundurkan diri.

Namun, PLT yang ditunjuk pak lurah Tanjung Riau, AGUS Sofyan, dirasakan warga tidak efektif menjalankan tugas sebagai perpanjangan tangan pemerintah di tingkat paling terendah di kelurahan Tanjung Riau Kecamatan Sekupang Kota Batam.

BACA JUGA:  50 Tahun BP Batam Membangun Batam

“Peran Plt sebagai pemegang mandat pengganti RT, seharusnya menerima masukan warganya. juga siap di kritik yang sifatnya membangun, kenyataan di lapangan, peran Plt selama ini tidak berfungsi karena setiap rapat warga ataupun ada permasalahan yang timbul, tanpa solusi oleh orang tidak punya kompeten untuk berbicara,” Gan salah seorang warga.

Dilanjutkannya, Sudah ke dua kalinya dalam satu priode RT 04 melakukan pemilihan, sekarang tugas RT beralih ke sekertaris sebagai PLT, sementara, seharusnya rapat tadi malam dibedakan dengan moment penetapan Sekertaris menjadi RT karena tanpa ada berita acara yang disaksikan oleh RW dan lurah agar dapat dipertanggungjawabkan,”ujar Budi Menyesalkan.

“Perumahan Glory selama ini kesulitan informasi dari luar terkait kendala Vaksinasi , penerimaan anak sekolah, PPKM yang terbentuk hanya pajangan saja , masih banyak warga yang belum vaksin karena tidak ada yang membantu mereka, begitu juga Kelompok PKK dan pengurus posyandu yang sudah terbentuk juga tidak efektif, tidak memiliki informasi kepada warga tentang program – program apa yang dilakukan Kelurahan,” Timpal beberapa warga yang mewanti-wanti agar namanya tidak dituliskan dengan alasan kenyamanan dilingkungan RT.

BACA JUGA:  Suatu Hari Berkunjung ke Kampung Air Lingka Pemukiman Suku Laut di Kelurahan Galang Baru Batam.

Budiono, warga perumahan menjelaskan, Pemilihan itu perlu dilakukan untuk mencari figur seorang RT yang bertanggung jawab, mempunyai wawasan, menerima masukan warganya, transparan,” Jelasnya.

Dan sangat tidak baik, didalam lingkungan terjadi kelompok – kelompok di dalamnya,” Bebernya menambahkan.

Budiono, mewakili harapan warga RT 04 perumahan Glory Tanjung Riau, Sekupang menyampaikan, “Harapan Warga nantinya, apabila dilakukan pemilihan ketua RT sesuai prosedur yang mampu membangun komunikasi yang baik dan menciptakan ketentraman didalam lingkungan dengan warganya,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Kisah Putra Penanam Bongkat dari Kampung Setengar bertemu Pak Jokowi di Setokok Batam

Lurah Tanjung Riau, Agus Sofyan yang dihubungi melalui saluran WhatApp mengaku kaget dan tidak mengetahui adanya persoalan seperti yang diberitakan.

“Saya begitu terbuka dengan warga, kalau memang warga tidak menerima keputusan yang sudah dibuat, silahkan buat surat ke kelurahan, warga Rapat, saya seh nga ada masalah,” Agus memberi tanggapan.

Dilanjutkannya, Sekarang sudah ada RT dilingkungan yang dipersoalkan, memang sebelumnya dia adalah sekretaris, karena RT lama berhalangan, digantikan sekretaris sebagai RT.

“Kalau memang warga tidak setuju dan menginginkan adanya perubahan, saya siap melaksanakan, tapi janganlah ke media bicara, sementara kepada bapaknya ( lurah…red) warga tidak ada mengeluhkan melalui surat,” Bijak, lurah Tanjung Riau memberi saran. (***)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here