BerandaKepriBatamLayanan Berbasis Teknologi dijalankan MOYA selama Masa Transisi 6 (enam) bulan SPAM...

Layanan Berbasis Teknologi dijalankan MOYA selama Masa Transisi 6 (enam) bulan SPAM Batam

- Advertisement -spot_img

MOYA Optimis Melakukan Masa Transisi SPAM Batam dengan Mengedepankan Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas dan Keterjangkauan

BEnews.co.id, BATAM – MOYA yang saat ini dipercaya sebagai pemegang SPAM Batam selama Masa Transisi, berkomitmen untuk memberi pelayaan air bersih yang terbaik kepada masyarakat Batam. Diakui, pada saat awal diberikan tanggung jawab pelayanan SPAM Batam ini, pihak Moya menerima banyak pengaduan persoalan air bersih mulai dari beberapa area yang belum teraliri, pelayanan yang belum cepat, aliran air yang belum lancar, dan banyak titik kebocoran yang terjadi.

IMG 20210318 WA0013
Dokumen : airminumbatam

“Kami menginventaris berbagai keluhan dan persoalan jaringan air untuk disempurnakan sehingga masyarakat Batam dengan semua stakeholdernya akan mendapat pelayanan yang lebih baik di masa transisi dalam 6 (enam) bulan ini,”demikian Astriena Veracia, Corporate Communication Moya,.

Dikatakan, di masa transisi ini pihak Moya justru berharap dapat melihat berbagai persoalan terkait pelayanan air bersih sehingga Moya, sehingga persolan tersebut bisa dengan cepat diberikan solusinya. “Kehadiran Moya akan menyempurnakan pelayanan air bersih dan mengembangkannya sehingga pelayanan SPAM Batam lebih baik. Apalagi Batam sebagai kota yang terus berkembang di bidang industri dan pariwisata, tentu membutuhkan pengembangan dan penyempurnaan di bidang pelayanan air bersih, yang kualitas, kuantitas kontinuitas serta keterjangkauannya dapat terjaga dengan baik”.

IMG 20210318 WA0012
Dokumen : airminumbatam

Komitmen pelayanan tersebut tertuang dan terimplementasikan dengan beberapa pengembangan system yang bisa mendukung masa transisi selama 6 (enam) bulan ini, Detail sisten yang kita kembangkan adalah sbb :

Operasikan system SCADA yang teritegrasi.
Prestasi yang luar biasa tentunya perlu dicatat dalam rangkaian sejarah development SCADA, sistem ini mampu untuk melakukan kontrol terhadap seluruh rangkaian proses pompa, monitoring tekanan jaringan distribusi dan akuisisi data yang terjadi di Instalasi Pengolahan Air (IPA) secara terkini (realtime) dan waktu pelaporannya juga dikirim secara periodik. Terealisasinya sistem SCADA dalam kurun waktu yang sangat singkat ini menunjukkan bahwanya kemampuan koordinasi dan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki MOYA Indonesia sudah sangat mumpuni dan berkualitas.

BACA JUGA:  Kepala BP Batam Terima Kunjungan BURT DPR RI
IMG 20210318 WA0011
Dokumen : airminumbatam

Atas capain ini, saat ini SCADA yang diimplementasikan pada SPAM Batam sudah dapat diakses dan dimonitor melalui mobile phone untuk menunjang kegiatan operasional baik di IPA maupun untuk lingkup distribusi. Parameter yag dapat dimunculkan oleh sistem SCADA ini adalah menampilkan level tangki air, flow (Debit air) dan Pressure (tekanan air) serta memuncukan data kualitas air pada IPA tersebut. Selain itu, sistem SCADA ini juga mampu mengatur setpoint tekanan air pada saat pompa beroperasi sehingga tekanan air sesuai dengan yang kita inginkan

Menerapkan teknologi terbarukan dan terkini pada operasional Masa Transisi SPAM Batam 6 bulan kedepan ini, tentunya akan sangat berdampak pada monitoring kondisi suplai air di IPA dan distribusi di Jaringan, sehingga diharapkan dapat membantu warga Batam mendapatkan suplai air secara maksimal dan meminimalkan gangguan kontinuitas pelayanan air di lapangan.

Efisiensikan Route Pembacaan, lebih tertata dan terintegrasi.
Pengaturan Cycle, Route dan Sequence pembacaan meter menjadi kunci keberhasilan pembacaan sampai dengan capaian jumlah tersebut.
Dengan adanya perubahan pembacaan tersebut, dipastikan lebih dari 80% pelanggan tetap dalam pembacaan seperti biasanya, dan selebihnya pergeseran hari baca dimaksimalkan mengalami perubahan maksimal dalam 2 hari, sehingga nyaris tidak ada perubahan yang signifikan terhadap tanggal pembacaan meter tersebut. Salah satu capaian jumlah pembacaan juga sangat dipengaruhi oleh kebiasan baik dari pelanggan di Batam, karena edukasi terkait dengan memberikan akses baca meter yang baik sangat mempengaruhi kesuksesan ini.
Sisi lainnya dari capaian ini adalah bahwa route pembacaan menjadi lebih rapi, tentu dengan capaian ini menjadikan efisiensi yang cukup signifikan. Efisiensi ini tentunya akan dikembalikan kepada pelanggan dengan subtitusi penambahan dan mengembangkan teknologi yang terbarukan di bidang perairminuman yang tentunya akan berdampak pada peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

BACA JUGA:  Pembongkaran Pasar Induk Jodoh disaat PPKM level 4 di Batam, Seorang Warga Meninggal Ditempat.

Kembangkan system GIS sebagai sarana pengelolaan Data Yang Terintegrasi.
GIS (Geographical Information System) adalah merupakan system informasi yang mengelola berbagai macam data yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berujud geografis yang dapat diakses, ditransfer serta ditransformasikan dan ditampilkan dengan menggunakan berbagai program aplikasi perangkat lunak.
Lingkup data yang mampu dikelola oleh GIS adalah data spasial, data vector, data raster dan data attribute. Lingkup data ini dapat diaplikasikan dengan data-data yang berhubungan dengan jaringan perpipaan serta data kepelangganan serta data terkait dengan lahan dll. Semua data tersebut secara terintegrasi dapat dianalisa dan dikemas sesuai dengan keperluan SPAM Batam. Secara garis besar, sistem GIS dalam memberikan gambaran yang lengkap mengenai suatu keadaan yang mampu mevisualkan kedalam data yang berupa peta.

BACA JUGA:  News Video : Maling Motor di Commo Industrial Park
IMG 20210318 WA0016

Menggunakan Layanan Call Center 24 Jam di 150 155 yang terintegrasi dengan Sistem Omni Channel yang terintegrasi.
Fungsi Call Center SPAM Batam 24 jam, secara umum adalah sebagai kanal informasi kepelangganan yang berfungsi sebagai media komunikasi untuk pelanggan dapat menyampaikan keluhan pelayanan serta informasi kepelangganan lainnya, namun Layanan Pelanggan secara tatap muka juga tetap kami sediakan dengan membuka Kantor Pelayanan Pelanggan (KPP) yang keberadaannya didekatkan dengan domisili pelanggan.
Selain itu, pengembangan saluran informasi lainnya adalah dengan layanan informasi berbasis teknologi aplikai smartphone dengan Layanan Media Sosial Resmi SPAM Batam yaitu

• WA 08117780155 untuk Info Tagihan Rekening Air & Tunggakan
• Melalui Media Sosial Resmi Perusahaan di :
Instagram : @airminumbatam
Twitter : @airminumbatam
Facebook : airminum_batam
Website : airminumbatam.bpbatam.go.id
Email : airminum.batam@gmail.com.

Pengembangan Call Center juga dilakukan secara terintegrasi, artinya fungsi agen Call Center tidak hanya melayani keluhan yang datang melalui telephone Call Center 24 jam, namun juga sekaligus untuk bisa mengakses semua keluhan yang masuk melalui jalur media sosial seperti tersebut diatas. Sehingga semua keluhan, penyelesaiannya cukup di tataran Call Center 24 jam.

Beretika dan bersahabat dengan lingkungan serta budaya lokal setempat, juga menjadi perhatian dalam pengembangan SPAM Batam ini, selain tetap berprinsip pada Tata Kelola Perusahaan yang benar dan akuntabel. Namun semua capaian ini dapat terus dikembangkan di Batam tidak terlepas dari dukungan penuh seluruh pelanggan, masyarakat dan semua Pemangku Kepentingan di Kota Batam ini.(***)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here