BerandaInvestasiKorupsi Barang Titipan Nasabah, Pegawai Penggadaian di Batam Dijebloskan Kedalam Sel

Korupsi Barang Titipan Nasabah, Pegawai Penggadaian di Batam Dijebloskan Kedalam Sel

- Advertisement -spot_img
Polresta Barelang | BENEWS.CO.ID – Korupsi barang titipan nasabah Pegadaian di Batam, RD (35 Tahun) sebagai pengelola agunan di PT. Pegadaian (Persero) ditangkap Unit Tipikor Satreskrim Polresta Barelang di Bascamp Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Tindakan Korupsi yang dilakukan RD tergolong nekad, barang jaminan nasabah berupa 16 potong emas dengan berat kurang lebih 200 Gram yang disimpan di brangkas yang berada diruang penyimpanan, digunakan tersangka untuk kepentingan pribadi.

Kerugian Negara sebanyak Rp. 1,250 Milyar, berdasarkan audit perhitungan yang di lakukan oleh auditor SPI (satuan Pengawas Internal) PT. Pegadaian Indonesia.

BACA JUGA:  HUT Humas Polri ke 70, Polri Berbagi dan Bakti Sosial Bersama Warga
Korupsi Barang Titipan Nasabah, Pegawai Penggadaian di Batam Dijebloskan Kedalam Sel
Tindak Pidana Korupsi yang saat ini Pelaku beserta Barang bukti sudah di amankan oleh Satreskrim Polresta Barelang

Pengungkapan Kasus Tindak Pidana Korupsi disampaikan Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Reza Morandy Tarigan, SIK, MH di dampingi oleh Kanit 3 Tipikor Satreskrim Polresta Barelang Iptu Jaya Tarigan bertempat di Lobby Mapolresta Barelang. Selasa (09/11/2021)

Korupsi Barang Titipan Nasabah, Pegawai Penggadaian di Batam Dijebloskan Kedalam Sel
Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Reza Morandy Tarigan, SIK, MH di dampingi oleh Kanit 3 Tipikor Satreskrim Polresta Barelang Iptu Jaya Tarigan

Berawal laporan D selaku Pemimpin Cabang PT. Pegadaian Cabang ML melakukan pemeriksaan waskat di kantor Cabang PT. Pegadaian Cabang ML, mendapati barang – barang jaminan nasabah berupa 16 potong emas dengan berat kurang lebih 200 Gram yang disimpan di brangkas yang berada diruang penyimpanan barang telah hilang.

BACA JUGA:  Sukseskan WSBK Mandalika, 2 pesawat Cassa TNI AU Gelar TMC

Kapolresta Barelang KBP Yos Guntur, SH, SIK, MH melalui Kasat Reskrim Kompol Reza Morandy Tarigan, SIK, MH membenarkan adanya Tindak Pidana Korupsi yang saat ini Pelaku beserta Barang bukti sudah di amankan oleh Satreskrim Polresta Barelang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pelaku Menyalahgunakan kewenangannya sebagai pengelola agunan dengan cara mengeluarkan barang dari brangkas PT.Pegadaian tanpa sesuai prosedur yang mana barang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi.

BACA JUGA:  Kapolda Kepri Hadiri Upacara Operasi Laut Interdiksi Terpadu TA. 2021.

Atas Perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-undang RI No. 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang RI Nomor 31 tahun 1999 tentang pembantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 Jo Pasal 65 ayat (1) K.U.H.Pidana.

“Ancaman Pidana seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dengan denda paling sedikit Rp200.000.000; dan paling banyak Rp1.000.000.000,” ungkap Kasat Reskrim Kompol Reza Morandy Tarigan, SIK, MH.(***)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here