banner 728x250

KKN Kelompok 39 UPN Veteran Jawa Timur dampingi Penggunaan Aplikasi Krealogi Du Anyam

Mendorong UMKM Siap Bertahan di Persaingan Pasar Global.

baik. Mahasiswa KKN Tematik MBKM Kelompok 39 UPN “Veteran” Jawa Timur
Mahasiswa KKN Tematik MBKM Kelompok 39 UPN “Veteran” Jawa Timur
banner 468x60

BENEWS | Jawa timur – Perkembangan usaha memerlukan pengelolaan mengenai pencatatan, perencanaan dan analisa usaha dengan baik. Mahasiswa KKN Tematik MBKM Kelompok 39 UPN “Veteran” Jawa Timur memberikan pendampingan untuk memecahkan kendala mengenai pengelolaan sebuah usaha. 

KKN Kelompok 39 UPN Veteran Jawa Timur dampingi Penggunaan Aplikasi Krealogi Du Anyam
KKN Kelompok 39 UPN Veteran Jawa Timur dampingi Penggunaan Aplikasi Krealogi Du Anyam

Kendala UMKM

Kendala yang di hadapi UMKM Kelurahan Benowo sebagai berikut:

banner 336x280

1. Hanya melakukan pencatatan jumlah uang yang diterima dan dikeluarkan.

2. Pencatatan dilakukan hanya pada jumlah barang yang dibeli dan dijual serta jumlah piutang atau hutang.

3. Tidak mengetahui kondisi keuangan usaha mengenai keuntungan atau kerugian.

4. Tidak memisahkan antara uang pribadi dengan usaha.

5. Perencanaan produksi yang tidak terstruktur.

Mendorong UMKM Siap Bertahan di Persaingan Pasar Global.
Mendorong UMKM Siap Bertahan di Persaingan Pasar Global.

Aplikasi Krealogi

Berdasarkan kendala yang ada, mahasiswa KKN Tematik MBKM Kelompok 39 UPN “Veteran” Jawa Timur bersama Bapak Moh Faishol Chusni, M.Si selaku Kepala Lembaga Pendidikan Perkoperasian (LAPENKOP) Wilayah Jawa Timur mengenalkan aplikasi Krealogi kepada UMKM Kelurahan Benowo sebagai solusi dari kendala yang ada.

Krealogi adalah teknologi berbasis aplikasi yang berguna untuk mengembangkan usaha dengan meningkatkan pengelolaan operasional hingga komunikasi dengan pihak eksternal.

Solusi

Dalam hal ini, krealogi menawarkan solusi yang menyeluruh untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan UMKM, serta aplikasi ramah pengguna untuk membantu pencatatan kegiatan operasional dan membuat perencanaan strategis.

Aplikasi Krealogi dikenalkan kepada UMKM Kelurahan Benowo sebagai wujud implementasi pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi kewirausahaan menuju ekonomi kreatif di Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal Kota Surabaya.

Secara umum, mengembangkan kemampuan di bidang teknologi digital dapat membantu usaha baru secara efisien dan efektif.

Membangun digitalisasi

Membangun digitalisasi tingkat tinggi dalam usaha baru menjadi strategi yang menjanjikan bagi usaha baru untuk bertahan di tengah persaingan pasar global yang semakin meningkat.

Selain itu, KKNT MBKM Kelompok 39 juga membuat modul mengenai cara penggunaan aplikasi krealogi bagi UMKM Kelurahan Benowo dengan tujuan sebagai panduan dalam proses pengelolaan pencatatan bahan baku, pencatatan pesanan, perencanaan produksi, hingga laporan usaha yang mampu mewujudkan digitalisasi kewirausahaan.

Selain itu, modul dijadikan sebagai dokumentasi pelaksanaan program kerja KKN Tematik MBKM Kelompok 39 UPN “Veteran” Jawa Timur kepada masyarakat Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya.

Pada dasarnya, pendampingan ekonomi kreatif terhadap UMKM bertujuan untuk meningkatkan pendapatan domestik bruto dengan kontribusi masyarakat dalam penjualan. Dalam hal ini, ekonomi kreatif berdampak pada kesejahteraan kondisi masyarakat yang mampu memanfaatkan teknologi informasi sebagai bentuk adaptasi transformasi digital yang terlalu cepat.(***)

 

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply