banner 728x250
Sumut  

Jalan Lintas Sumatera di Hutabalang Tapanuli Tengah Longsor

Jalan menuju Kota Padangsidimpuan dari Kabupaten Tapteng dan sebaliknya, lumpuh Total.

Material longsor terdiri kayu dan tanah itu menutup badan jalan lintas
Material longsor terdiri kayu dan tanah itu menutup badan jalan lintas
banner 468x60

Sumut | BENEWS.co.id – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara, sejak Sabtu (11/6/2022) siang, mengakibatkan perbukitan di atas jalan lintas Sumatra (Jalinsum) di daerah Kelurahan Hutabalang, Kecamatan Badiri, longsor.

Jalan Lintas Sumatera di Hutabalang Tapanuli Tengah Longsor
Jalan Lintas Sumatera di Hutabalang Tapanuli Tengah Longsor

Longsor terjadi Sabtu petang sekitar pukul 17.00 Wib, mengakibatkan arus lalu lintas menuju Kota Padangsidimpuan dari Kabupaten Tapteng dan sebaliknya, lumpuh Total.

Material longsor terdiri kayu dan tanah itu menutup badan jalan lintas tersebut lebih dari puluhan meter. Satu unit mobil di lokasi juga tampak diterjang longsor.

banner 336x280

Seorang pengendara sepeda motor, Wanda mengatakan, arus lalu lintas macet diakibatkan longsor material tanah dan potongan kayu dari perbukitan.

“Antrian panjang bang, gak bisa lewat gara-gara longsor itu, apalagi hujan terus datang gak berhenti-berhenti,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Christian Samma SIK, melalui Kasih Humas, AKP H Gurning menyampaikan, hingga Pukul 23.00 Wib, situasi arus lalu lintas sudah dapat ditembus namun dengan cara bergantian dari arah Sibolga dan dari arah Padangsidempuan.

“Berkat kerjasama seluruh stakeholder evakuasi dan pembersihan material longsor yang menutup sebagian badan jalan lintas Sibolga-Sidempuan tepatnya di Lingkungan 9, Kelurahan Hutabalang, Kecamatan Badiri dekat Rumah makan Anugrah melalui alat berat Dozer Beko dari PT Roganda, berhasil menggeser longsoran ke pinggir jalan,” jelasnya.

Terpantau dilapangan Kapolres Tapteng AKBP Jimmy Christian Samma SIK dan jajarannya bersama mantan Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul serta anggota turun langsung ke Lokasi Longsor untuk memantau dan bekerja sama melakukan evakuasi material longsor. (Rizky Zulianda)

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply