BerandaKepriHKBP Batam Gali Sejarah Jelang Jubileum 50 Tahun

HKBP Batam Gali Sejarah Jelang Jubileum 50 Tahun

- Advertisement -spot_img

BEnews.co.id, BATAM – HKBP Resort Batam sebagai gereja HKBP pertama di Batam, akan merayakan ulang tahun atau Jubileum 50 tahun. Gereja HKBP pertama di Batam, sebelum berkembang dengan kehadiran resort-resort HKBP lainnya, akan merayakan Jubileum pada tahun 2022 mendatang. Bersamaan dengan itu, dibentuk panitia, untuk menyusun sekaligus menggali sejarah gereja itu.

IMG 20210606 WA0012
Photo : Istimewa ( Dokumen pribadi :Agus Siswanto)

Hal itu disampaikanKetua Panitia Pesta Jubileum 50 tahun HKBP Batam Lubuk Baja, Resort Batam, Dr Sahat Sianturi didampingi Sekretaris Panitia, Agus Siswanto Siagian, Minggu (6/6). Dikatakan, sejumlah kegiatan mereka rencanakan, untuk digelar saat Jubileum nanti.

BACA JUGA:  Wakil Walikota Tanjungpinang Turun tangan Langsung, Suntik Vaksin Covid-19 ke Warganya

“Puncak acara akan digelar tahun depan, tapi sekarang panitia disiapkan. Ada banyak acara yang kita ingin siapkan. Termaksud penyusunan buku sejarah HKBP Batam,” kata Sahat.

Sejumlah pihak di Batam dan Kepri mereka gandeng untuk terlibat dalam mendukung momen penting gereja itu. Mulai dari Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Wali Kota Batam, HM Rudi, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak, Kapolda Kepri, Irjend Pol Aris Budiman, Danrem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, ST B Hasibuan sebagai penasehat.

BACA JUGA:  Panja Komisi VIII DPR RI Kunjungi BP Batam, Bahas Pengelolaan Asrama Haji

Pihaknya juga merencanakan kegiatan bakti sosial untuk masyarakat Batam. Terutama yang terkait dengan sejarah kehadiran HKBP Batam. Kemudian ada kegiatan lomba dibidang kerohanian, bakti sosial, pertandingan olah raga, dan lain-lainnya.

“Termaksud kunjungan kasih untuk jemaat pelaku sejarah kehadiran HKBP Batam,” ujar Agus Siswanto menimpali.

Sementara sebelumnya, Pdt HKBP Resort Batam, Pdt Belman Hutahaean mengatakan, jika gereja yang dipimpinnya, berdiri dengan diawali kebaktian atau ibadah, dirumah staf personalia PT. Ingram. PT Ingram yang kini bernama PT. McDermott.

BACA JUGA:  Rotasi Dilingkungan Polda Kepri Jelang Pilkada

Setelah melalui beberapa proses, akhirnya menggelar ibadan di gereja oikumene, di Base Camp. Ibadah dipimpin Pdt. P. Simanungkalit dari Tanjungpinang. Hingga kemudian, dilakukan kegiatan pembabtisan pertama, 10 Desember 1972, sekaligus menjadi awal kehadiran HKBP di Batam.

Pdt.P.Simanungkalit sebagai Pendeta Resort Tanjungpinang mengeluarkan surat penunjukan dengan No.12/Res/74, tertanggal 29 April 1974 kepada B.Samosir dan St.N.Napitupulu sebagai Penanggungjawab Jemaat Gereja Batam yang menjadi bagian pelayanan (pos pelayanan) HKBP Tanjungpinang di Batam.***

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here