banner 728x250

DPD PERPAT Natuna Apresiasi Jaminan Keamanan bagi Masyarakat Nelayan Natuna Melaut

banner 468x60

Karena untuk mengatasi Laut Natuna Utara, tidak bisa sendirian, tidak bisa satu kementerian atau satu lembaga saja,” komentar Rian

BENEWS.CO.ID, NATUNA – Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia mengimbau nelayan untuk kembali berkegiatan di wilayah Natuna. Bakamla, jelas dia, akan ikut mengawal keamanan para nelayan.”Kami siap mengamankan mereka,” ujar Aan saat rapat bersama DPR pada Senin.(21/9/2021)

banner 336x280
Ketua DPD PERPAT Natuna, Riyan Andriananda

Ketua DPD PERPAT Natuna, Riyan Andriananda, mengungkapkan terimakasih kepada TNI AL, dan Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) yang telah menjamin rasa Aman kepada masyarakat nelayan Natuna melaut dengan aman dan tidak was-was lagi menangkap ikan di laut Natuna.

Foto ketua DPD PERPAT Natuna Riyan

“Yang di sampaikan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, saat rapat bersama di gedung DPR RI Senin (21/9/2021) kemarin, Pertama mengusulkan sejumlah strategi dalam mengamankan Laut Natuna Utara dari kapal asing.Salah satunya adalah mengusulkan untuk meningkatkan kehadiran aparat penegak hukum dilaut Natuna Utara.

“Karena untuk mengatasi Laut Natuna Utara, tidak bisa sendirian, tidak bisa satu kementerian atau satu lembaga saja,” komentar Rian saat dihubungi BENEWS.CO.ID.

Dilanjutkannya, Bakamla juga menyarankan agar dilakukan eksplorasi di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan landas kontinen perairan Laut Natuna Utara. Supaya kita tidak hanya mengklaim di atas peta saja, tapi sementara actionnya tidak ada, secara de facto kita hanya melongo saja,” mengulang statemen Laksamana Madya TNI Aan Kurnia dihadapan anggota DPR RI.

Untuk kedepannya Ketua DPD PERPAT Natuna Riyan Andriananda, juga Meminta kepada TNI AL Natuna untuk memberi kesempatan dan prioritas kepada anak-anak setempat (putra daerah Natuna) yang diterima untuk menjadi personil TNI AL.

“tentu dengan alasan supaya lebih banyak putra daerah Natuna yang mengabdi dikampungnya sendiri membela NKRI khususnya di perbatasan kabupaten Natuna, dan yang pasti memahami benar geografis dan kondisi laut Natuna,” Harapnya.

Berbeda, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ranai, Kolonel Laut (P) DofirYang dihubungi oleh awak media ini beberapa waktu lalu melalui sambungan telepon seluler nya mengatakan, sangat setuju, kalau putra daerah Natuna lebih di prioritas kan untuk menjadi personil TNI AL.

“Tentu, dengan harapan anak Natuna mau menjadi TNI AL, supaya lebih banyak putra daerah Natuna yang mengabdi kepada NKRI, menjaga perbatasan Indonesia ini, pungkas nya.

Sebelumnya, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia mengimbau nelayan untuk kembali berkegiatan di wilayah tersebut.

Bakamla, jelas dia, akan ikut mengawal keamanan para nelayan.Aan memastikan Bakamla akan menindak tegas jika menemukan adanya pihak yang melanggar di wilayah Indonesia untuk menjamin kredibilitas aparat penegak hukum.

Dia pun mengusulkan sejumlah strategi dalam mengamankan Laut Natuna Utara dari kapal asing.Pertama, kata dia, kehadiran aparat penegak hukum harus ditingkatkan.

“Jadi untuk mengatasi Laut Natuna Utara, tidak bisa sendirian, tidak bisa satu kementerian atau lembaga,” kata dia.

Kedua, Bakamla menyarankan agar dilakukan eksplorasi di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan landas kontinen perairan Laut Natuna Utara.

Ardie Walimar

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.