BerandaBisnisBea Cukai Kepulauan Riau Melakukan Pemusnahan Terhadap Barang yang Menjadi Milik Negara

Bea Cukai Kepulauan Riau Melakukan Pemusnahan Terhadap Barang yang Menjadi Milik Negara

- Advertisement -spot_img

BEnews.co.id, Batam – Bea Cukai Kepulauan Riau melakukan pemusnahan terhadap Barang yang Menjadi Milik Negara (BMN) berupa Freon R-22 pada tanggal 22-23 Juni 2021. Freon yang dimusnahkan sebanyak 249 tabung, atau setara dengan sekitar 3.300 kilogram. Barang ini merupakan hasil penindakan atas KM Rezeki Maulana pada 3 Desember 2019.

bea cukai
Pemusnahan Freon R-22 merupakan barang larangan berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 41/MIND/PER/5/2014

Freon R-22 merupakan barang larangan berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 41/MIND/PER/5/2014 tentang larangan penggunaan hidroflorocarbon atau CFC. Freon R-22 atau juga dikenal dengan HCFC-22 merupakan substansi Bahan Perusak Ozon bumi. Sehingga pemakaian jangka panjang memiliki efek yang membahayakan kehidupan di Bumi.
Sesuai peraturan menteri keuangan nomor 178/PMK.04/2019, salah satu peruntukan Barang Milik Negara adalah dimusnahkan. Dasar pemusnahan adalah Surat Kakanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumbar, dan Kepri Nomor S-12/MK.6/WKN.03/2021 Hal Persetujuan Pemusnahan Barang Yang Menjadi Milik Negara Pada Kanwil DJBC Khusus Kepri. Pemusnahan dilaksanakan di Batam, tepatnya di PT Desa Air Cargo Batam. PT Desa Air Cargo Batam memiliki kualifikasi pengelolaan dan pengolahan bahan berbahaya dan beracun, yang telah memperoleh sertifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Kanwil DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri, serta perwakilan dari KPKNL Batam.
Metode pemusnahan adalah dengan menyedot isi tabung Freon R-22 hingga kosong lalu memasukkannya ke dalam incinerator untuk dibakar. Kemudian tabung yang telah dikosongkan isinya diremuk hingga hancur. Dengan dibakarnya freon tersebut, maka zat aktif yang terkandung berubah, dan mengurangi resiko pencemaran udara.

BACA JUGA:  BP Batam Bahas Imigrasi dan Perizinan Bersama Asosiasi Pengusaha Batam

Komansah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -Logo
https://youtu.be/Mu0GJXRRicY
Stay Connected
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here