Kamis, Agustus 5, 2021
Google search engine
BerandaBisnisBea Cukai Kepri Menyelenggarakan Pelatihan Eksport untuk UMKM

Bea Cukai Kepri Menyelenggarakan Pelatihan Eksport untuk UMKM


BEnews.co.id, Tanjung Pinang – Pada tanggal 24 Juni 2021 bertempat di Aula Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Bea Cukai Kepulauan Riau memberi pelatihan dan bimbingan ekspor untuk para pengusaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM. Acara ini merupakan kerjasama antara Bea Cukai Kepulauan Riau dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau.

IKLAN : Hewan Qurban Berkualitas di Batam

Pelatihan dan bimbingan ini merupakan salah satu bentuk sumbangsih Bea Cukai Kepulauan Riau dalam mendukung upaya Pemulihan Ekonomi Nasional, terutama mendorong UMKM untuk bisa menangkap peluang ekspor. Selain itu, sejalan dengan amanat Menteri Keuangan khususnya kepada Bea Cukai agar bisa menjadi penggerak di sektor ekonomi dan mampu melihat potensi daerah yang bisa digali dan dikembangkan.

BACA JUGA:  Operasi Gabungan Pencegahan Covid 19, Kepolisian, Koramil 02 dan Pol PP Anambas


Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Gubernur Kepulauan Riau Bidang Perkenomian dan Pembangunan, Syamsul Bahrum, Kepala Bidang Kepabeanan Dan Cukai Kantor Wilayah Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau, Abdul Rasyid, serta Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kepulauan Riau, Burhanuddin. Pelatihan dan bimbingan diberikan kepada 35 pengusaha UMKM yang berasal dari Kota Tanjung Pinang dan Kabupaten Bintan. Mereka bergerak di beberapa bidang usaha seperti kerajinan tangan, pengolahan makanan ringan, dan pengolahan hasil laut.

BACA JUGA:  Sirajudin Desak Pemprop Percepat Vaksinasi Masyarakat Umum

Dalam sambutannya, Asisten Gubernur menyampaikan bahwa pada dasarnya UMKM di Kepulauan Riau sudah memiliki ciri khas yang bisa meningkatkan daya saing. Namun demikian, beliau juga menilai pentingnya kolaborasi antar instansi pemerintah dalam rangka membina UMKM karena tantangan perekonomian ke depan semakin berat. Kemudian dalam paparannya, Kabid Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Kepulauan Riau menyatakan bahwa saat ini sektor riil yang mampu mendukung pertumbuhan ekonomi. Ketika mampu diberdayakan kapasitasnya, maka akan bisa meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat secara luas.

BACA JUGA:  BNSP Mengesahkan Skema Sertifikasi Wartawan dan Menetapkan LSP Pers Indonesia Sebagai Pelaksana Sertifikasi Berlisensi BNSP
BACA JUGA:  Wakapolda Kepri Pimpin Pemusnahan 47 Kg Narkotika Jenis Sabu

Materi yang diberikan adalah pengetahuan dasar-dasar ekspor, seperti istilah-istilah dalam ekspor, tata cara, beserta informasi mengenai dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan untuk melakukan proses ekspor. Selain itu juga diberikan pengetahuan mengenai pengisian kolom-kolom yang terdapat dalam Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dan sekilas mengenai Nomor Induk Berusaha (NIB). Harapannya melalui pelatihan ekspor ini kedepannya UMKM mampu mengembangkan usahanya, tidak hanya di lingkup dalam negeri, namun juga dapat bersaing di pasar global.

BACA JUGA:  BNSP Mengesahkan Skema Sertifikasi Wartawan dan Menetapkan LSP Pers Indonesia Sebagai Pelaksana Sertifikasi Berlisensi BNSP

Komansah

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular